cuka apeL

ACARA VII
PEMBUATAN CUKA APEL

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Cuka apel merupakan salah satu jenis produk fermentasi buah-buahan yang tergolong kelompok vinegar. Di kawasan barat dikenal berbagai macam cuka seperti balsamic vinegar (dari Modena, Itali), wine vinegar dan cider. Sedangkan di Asia dikenal cuka masak dan rice mine vinegar atau arak masak. Vinegar alias cuka tersedia dalam berbagai variasi tergantung dari bahan pembuatnya. Ada yang terbuat dari bahan anggur, gandum, apel atau beras. Bumbu masak cair ini digunakan secara meluas untuk membumbui aneka hidangan, baik di dapur Barat maupun Asia. Umumnya, cuka dipakai untuk memberi rasa asam segar pada masakan, saus salad, tumisan dan sebagainya. Bahan untuk proses fermentasi adalah gula ditambah khamir yang akan menghasilkan alkohol dan CO2. CO2 akan dilepaskan dari campuran wine menuju udara dan alkohol akan tetap tinggal di fermentor. Jika semua gula buah sudah diubah menjadi alkohol atau alkohol telah mencapai sekitar 15% biasanya fermentasi telah selesai atau dihentikan.

 

Tujuan Praktikum

Adapun tujuan diadakannya praktikum ini adalah untuk mempelajari volume starter dan lama fermentasi terhadap sifat organoleptik cuka apel.

 

 

 

 

 

TINJAUAN PUSTAKA

Cuka merupakan salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan, seperti pemberi rasa pada asam pada makanan serta dalam industri makanan, asam cuka dapat digunakan sebagai penurun pH. Cuka yang selama ini dikenal di masyarakat diperoleh dari fermentasi buah-buahan dan bahan-bahan yang lain (Kamaruddi, 2007).

Asam asetat, asam etanoat atau asam cuka adalah senyawa kimia asam organik yang dikenal sebagai pemberi rasa asam dan aroma dalam makanan. Asam cuka memiliki rumus empiris C2H4O2. Rumus ini seringkali ditulis dalam bentuk CH3-COOH, CH3COOH, atau CH3CO2H. Asam asetat murni (disebut asam asetat glasial) adalah cairan higroskopis tak berwarna, dan memiliki titik beku 16.7°C (Wikipedia Indonesia, 2011).

Cuka organik merupakan pemurni karena dapat memecah endapan-endapan lemak dan lender dalam tubuh. Kegunaannya yaitu sangat efektif menghilangkan racun dalam tubuh melalui aliran darah, sehingga mendukung kesehatan organ vital seperti : ginjal, kandung kemih, hati dan organ yang lainnya,  membantu oksidasi darah agar darah tidak terlalu kental dan lengket yang bisa memberikan desakan pada jantung dan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (Radiyati, 2011).

Walaupun aroma dan rasanya asam, cuka apel tidak meningkatkan keasaman tubuh. Dengan catatan, produk harus dibuat secara organik dan diambil dari apel yang ditanam secara organik pula (tidak menggunakan pupuk dan pembasmi hama kimiawi). Produk cuka apel organik sudah dibuktikan aman dan efektif, termasuk digunakan untuk anak-anak (Gunawan, 2011).

 

PELAKSANAAN PRAKTIKUM

Waktu dan Tempat Praktikum

Praktikum ini dilaksanakan pada hari Senin, 28 November 2011 di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram.

 

Alat dan Bahan Praktikum

a. Alat-alat Praktikum

Adapun alat yang digunakan pada praktikum ini adalah panci tahan karat, kain saring, gelas piala, erlenmeyer, sendok, botol steril, waring blender, pisau tahan karat, selang plastik dan kompor.

b. Bahan-bahan Praktikum

Adapun bahan yang digunakan pada praktikum ini adalah wine apel, air matang, ragi fermifan, gula pasir dan asam sitrat.

 

Prosedur Kerja

  1. Dimasukkan wine apel ke dalam botol steril.
  2. Diaduk rata dan ditutup dengan kain saring.
  3. Diinkubasi selama 3-5 minggu pada suhu ruang.
  4. Diamatin aroma, warna dan rasa.

 

Tentang yhayahn

terus melangkah, cepet, lebih cepat, semakin cepat n pasti! jangan sampai gk melangkah!
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s